Ini Cara Membuat Artikel Review Produk yang Benar

Saat ini ada banyak blogger atau mungkin pengelola situs web portal yang memilih pemilihan konten review barang, produk, jasa dan lain sebagainya. Ya, Anda bisa lihat pada mesin pencari Google ada banyak sekali blog yang menuliskan review ponsel, review kamera, review produk kecantikan sampai review peralatan dan barang-barang lainnya.

Blog dan situs web yang mengkhususkan diri untuk menuliskan review produk memang cukup banyak membantu orang-orang untuk mendapatkan informasi dari suatu produk atau barang. Review sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti ulasan.

Jadi konten review tentu tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mengulas suatu produk, dari segala sisinya. Jika blog Anda banyak menuliskan review produk atau barang, apakah Anda sudah menganggapnya benar? Maksudnya apakah review yang Anda tulis ideal dan dipercaya? Pasalnya ada saja penulis yang membuat review produk, namun kenyataannya kurang begitu pas bahkan terkesan ada yang dilebih-lebihkan dan dikurangi.

Jadi seperti apa cara membuat artikel review produk yang benar? Berikut kami berikan tipsnya:

1.Memiliki dan mencoba langsung lebih baik

Beberapa situs yang kredibel dan bonafit memilih untuk secara khusus membeli sebuah produk agar bisa dilakukan reviewnya. Ya, cara review semacam ini patut di acungi jempol karena tim penulis bisa mencoba, memegang dan merasakan bagaimana kinerja produk tersebut.

Penulis bakal bisa leluasa mengetahui segala sisi, fitur dan spesifikasi produk karena sudah mencobanya langsung. Berbeda dengan tim review yang tidak memiliki produk, ada saja yang kurang dalam penulisan karena mereka tidak memegang dan mencoba.

Pada akhirnay kebanyakan blogger terbentur masalah modal jika menggunakan metode review semacam ini. Tetapi dipastikan dengan cara review seperti ini tulisan Anda akan dipercaya sepenuhnya oleh visitor.

2. Dari sumber terpercaya

Ketika Anda tidak memiliki produk yang bersangkutan untuk dilakukan review, Anda masih bisa melakukan review namun informasinya harus berasal dari sumber referensi terpercaya. Sebagai contoh Anda bisa mengambil dari sumber situs website resmi produsen produk.

Disana dipastikan informasinya tepat dan terpercaya. Bagaimana pun juga review haruslah dilakukan secara jujur, bukan berdasarkan informasi yang tidak jelas asalnya.

3. Segala sisi produk harus diulas

Review yang bagus adalah semakin banyak yang diulas, mulai dari desain produk, fitur, spesifikasi luar, spesifikasi dalam, kinerja, kemampuan, daya tahan dan lain sebagainya. Apalagi untuk produk-produk elektronik seperti ponsel, kamera, komputer, laptop dan lain sebagainya.

Produk-produk semacam itu paling banyak ditulis oleh para blogger reviewnya. Jika Anda ingin mendapatkan hati para visitor, pastikan artikel review Anda lebih komplit, dan lebih banyak. Biasanya pembaca memilih konten review yang lebih lengkap ketimbang artikel review yang singkat.

Jadi jangan samakan dengan artikel berita biasa yang mungkin idealnya adalah 400 sampai 600 kata. Dalam konten review bahkan bisa mencapai 1000 kata lebih, dan ada yang terbagi-bagi dalam beberapa page.

4. Sisi kekurangannya

Beberapa penulis lebih terkonsentrasi dalam review produk pada sisi kelebihannya saja. Yang di ulas hanya bagaimana fitur keunggulan, kelengkapan dan mungkin desain menariknya. Padahal seharusnya Anda juga bisa menuliskan kekurangan produk tersebut secara ‘gamblang’.

Khususnya bagi Anda yang memiliki blog netral, kecuali Anda melakukan review yang dibayar oleh toko online tertentu atau mungkin produsen produk yang bersangkutan. Jika demikian jadinya, Anda tentu dilarang untuk menuliskan kekurangan produk karena tujuannya untuk pemasaran.

Banyak visitor yang memang sengaja mencari konten review yang netral dan mau mengulas sisi kekurangan sebuah produk, tidak hanya kelebihannya saja.

5. Perbandingan produk lain

Ketika Anda sedang mengulas tentang produk A, maka jangan lupa juga untuk melihat bagaimana produk B. Adu kekuatan kedua produk, mana yang unggul dan mana yang memiliki banyak kelebihan. Konten review semacam ini dipastikan menjadi yang paling ‘yahud’ karena berani melakukan perbandingan.

Tentu menjadi informasi yang benar-benar berguna ketika ada orang yang masih bimbang antara produk A dan produk B. Dengan lewat perbandingan review yang Anda berikan memungkinkan pembaca mendapatkan pencerahan bahwa salah satu produk memiliki keunggulan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s